PLN Indonesia Power (PLN IP) Bangun ITPLN untuk Cetak SDM Unggul, Motor Penggerak Transisi Energi

Kamis, 07 Desember 2023 | 13:54:05 WIB
Kampus IT PLN berlokasi di Menara PLN, Jalan Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

JAKARTA-PLN Indonesia Power, bersama dengan subholding PT PLN (Persero) dan anak usaha lainnya, telah mengambil langkah strategis dengan mendirikan Institut Teknologi PLN (ITPLN). Initiasi ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, yang akan menjadi pilar utama dalam pengembangan energi masa depan dan pendorong utama dalam transisi energi di Indonesia.

Langkah ini juga merupakan kontribusi nyata dari PLN Group dalam mendukung pemerintah dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan dengan memperkuat sumber daya manusia.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menyatakan bahwa keberadaan ITPLN adalah bukti nyata komitmen PLN Group dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui ITPLN, generasi muda didorong untuk menjadi pelaku utama dalam mempercepat transisi energi di tanah air.

“Yang sedang kita lakukan hari ini bukan hanya sekadar pembangunan fisik gedung, tetapi juga merupakan langkah untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki SDM yang siap dan mampu memimpin dalam transisi energi. Kesiapan kita bukan hanya sebagai PLN atau sebagai bagian dari sistem kelistrikan, tetapi sebagai bangsa Indonesia yang siap menghadapi transisi energi, bahkan mampu melakukan akselerasi. Masa Depan Energi adalah Listrik, Namun, Pondasinya adalah ITPLN,” kata Darmawan.

Rektor ITPLN, Iwa Garniwa, menyambut baik upaya PLN dalam mempersiapkan SDM unggul untuk menghadapi era transisi energi. Menurutnya, ITPLN akan menjadi tempat lahirnya banyak ahli di bidang energi dan teknologi.

“ITPLN sedang mengalami transformasi dengan tujuan menjadi perguruan tinggi yang kelas internasional, modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi yang memiliki wawasan lingkungan,” tegas Profesor yang menyelesaikan studi Sarjana hingga Doktoral di Universitas Indonesia.

Pembangunan ITPLN telah dimulai sejak tahun 2022 dan ditargetkan selesai pada tahun 2025. ITPLN akan menjadi perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dan akademik di bidang energi dan teknologi. ITPLN akan menggunakan kurikulum yang berbasis kompetensi dan melibatkan mitra industri dalam proses pembelajaran.

Pembangunan ITPLN merupakan langkah strategis PLN Group dalam mendukung transisi energi. ITPLN diharapkan dapat menghasilkan SDM yang unggul dan kompeten dalam bidang energi dan teknologi, sehingga dapat menjadi motor penggerak transisi energi di Indonesia.

Terkini