Hari Lingkungan Hidup Sedunia: PLN Indonesia Power (IP) dan KLHK Selenggarakan Elang Jawa Trail Run

Rabu, 17 Juli 2024 | 15:28:12 WIB

JAKARTA - PLN Indonesia Power bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyelenggarakan Elang Jawa Trail Run 2024 di Cidahu Camping Ground, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. Acara ini merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam melestarikan lingkungan, terutama populasi Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang terancam punah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menyatakan bahwa kegiatan ini mengajak kita untuk lebih dekat dengan alam, menikmati keindahannya, dan memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

"Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah momen penting bagi kita semua untuk merenung dan mengambil tindakan nyata dalam upaya melestarikan lingkungan. Ini mengingatkan kita akan tanggung jawab besar untuk menjaga keseimbangan alam yang semakin terancam oleh krisis perubahan iklim, kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta polusi dan limbah. Kolaborasi antara PLN IP dan KLHK ini adalah wujud komitmen berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Siti Nurbaya.

Elang Jawa Trail Run 2024 diselenggarakan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan mendukung upaya konservasi Elang Jawa yang terancam punah.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyatakan bahwa keikutsertaan PLN IP dalam acara ini adalah bentuk dukungan terhadap pemerintah dan komitmen berkelanjutan perusahaan.

"Partisipasi kami dalam Elang Jawa Trail Run 2024 mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati, termasuk pelepasliaran Elang Jawa sebagai bagian dari upaya bersama praktik keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di wilayah Gunung Salak," ujarnya.

Dalam acara Elang Jawa Trail Run 2024, puluhan pegawai PLN IP, termasuk komunitas PLN IP Runners, turut berpartisipasi. Selain trail run, juga dilakukan penanaman 150 bibit pohon di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Terkini