Edwin Nugraha Putra dan Strategi PLN Indonesia Power (PLNIP) dalam Mencapai SDGs

Selasa, 23 Juli 2024 | 16:46:09 WIB

JAKARTA - PLN Indonesia Power (PLN IP), anak perusahaan dari PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik, menunjukkan komitmennya dalam mengintegrasikan kegiatan bisnis dengan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menegaskan bahwa kesejahteraan masyarakat adalah bagian penting dari keberhasilan PLN IP. Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dijalankan oleh perusahaan ini sejalan dengan visi dan misi PLN untuk menerangi dan menggerakkan negeri.

"Kami yakin bahwa dengan melaksanakan program TJSL yang tepat, PLN IP dapat berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Edwin.

Edwin menjelaskan bahwa PLN Indonesia Power menjalankan bisnis dengan fokus pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui empat pilar utama yang terintegrasi: Ekonomi, Sosial, Lingkungan, dan Tata Kelola. TJSL juga menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan sebagai upaya manajemen risiko, yang didukung oleh perencanaan yang cermat dan pemilihan program yang tepat sasaran.

"Hal ini sesuai dengan panduan ISO 26000:2010 tentang Tanggung Jawab Sosial yang telah diadopsi sebagai SNI ISO 26000:2013," tambahnya.

Edwin mengungkapkan bahwa program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power telah menghasilkan nilai manfaat bersama atau Creating Shared Value antara perusahaan, stakeholder, dan masyarakat sekitar.

PLN IP berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan program TJSL agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan menjalankan program TJSL yang berkelanjutan, PLN IP yakin dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan bangsa yang sejahtera, demokratis, dan adil makmur.

"Menjadi perusahaan yang berkelanjutan adalah tujuan yang ingin dicapai oleh semua perusahaan, termasuk PLN IP. Ini jelas tercantum dalam visi kami, dan kami berkomitmen untuk konsisten menjalankan kerangka ESG serta berkontribusi dalam pencapaian SDGs dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Kami yakin kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari kesuksesan perusahaan," ungkap Edwin.

Komitmen PLN IP dalam menjalankan program CSR yang terintegrasi dengan prinsip ESG dan SDGs mendapat apresiasi. Dalam ajang Economic Review-Ideku Group bertemakan “Berbagi Aksi dan Solusi Perusahaan melalui CSR-SGD-ESG untuk Mempercepat Pencapaian Membangun Bangsa yang Sejahtera, Demokratis dan Adil Makmur,” PLN IP meraih dua penghargaan bergengsi: The Best Indonesia CSR-SGD-ESG Award dengan skor 96,10 dan The Best Commitment CEO for CSR-SGD-ESG yang diraih oleh Edwin Nugraha Putra dengan skor 95,70.

"Pencapaian ini menjadi motivasi bagi PLN IP untuk terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam menjalankan program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat," tutup Edwin.

Halaman :

Terkini