PLNE, PSN PLTS Terapung Cirata, dan Masa Depan Energi Terbarukan

Kamis, 25 Juli 2024 | 18:34:10 WIB

PLN Enjiniring mengambil peran vital dalam menyukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata dengan kapasitas 192 MegaWatt peak (MWp). Pada proyek ini, PLN Enjiniring bertanggung jawab dalam penyusunan dokumen Detailed Engineering Design (DED) untuk Gardu Induk dan Transmisi yang terhubung langsung dengan PLTS Terapung Cirata.

Sebelumnya Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo menerima penghargaan Pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (18/7) atas upaya PLN menyelesaikan PSN sesuai dengan target. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, PLN dinilai mampu membuktikan best effort dalam mengakselerasi dan menyelesaikan proyek strategis nasional yang menjadi pendorong utama perekonomian nasional.

Salah satu proyek strategis yang telah dirampungkan PLN adalah PLTS Terapung Cirata 192 Megawatt peak (MWp). PLTS terbesar di Asia Tenggara ini mampu dikebut oleh PLN dan mampu meningkatkan bauran energi baru terbarukan di tanah air.

Presiden Terpilih Republik Indonesia, Prabowo Subianto mewakili Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa salah satu aspek penting dalam percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan infrastruktur terintegrasi, yang meliputi fisik, konektivitas, dan pengelolaan. Oleh karena itu, percepatan pembangunan sangat vital dan memerlukan One Map Policy .

Menurut Prabowo Subianto, One Map Policy merupakan langkah strategis yang dapat mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia, dan ia berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan ini guna memaksimalkan potensi Indonesia di masa depan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang mewakili 18 perusahaan BUMN penerima penghargaan, menjelaskan bahwa PLN memegang peranan penting dalam peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat melalui PSN.

"Listrik bukan hanya merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat, tetapi juga kehadiran dan keandalan listrik dapat meningkatkan iklim investasi di Indonesia. Maka dari itu, PLN bersama dengan Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur kelistrikan yang strategis sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan stakeholder lainnya di Indonesia," kata Darmawan.

Direktur Utama PT PLN Enjiniring, Chairani, juga turut antusias dalam suksesnya proyek strategis ini. "Suatu kebanggaan bagi PLN Enjiniring dapat berkontribusi dalam proyek strategis ini. Kesuksesan proyek strategis PLN ini menjadi motivasi kami di PLN Enjiniring untuk melakukan semua pekerjaan dengan usaha dan kemampuan maksimal demi hasil yang memuaskan."

PLN Enjiniring berkomitmen untuk terus mendukung PLN dalam menjadi garda terdepan dalam mendorong perekonomian nasional.

Terkini