Penghargaan Bergengsi: PLNE Dinobatkan sebagai Indonesia Original Brand Champion 2024

Rabu, 07 Agustus 2024 | 17:24:58 WIB

JAKARTA – PLN Enjiniring kembali menunjukkan kiprahnya dalam industri ketenagalistrikan dengan meraih penghargaan bergengsi Indonesia Original Brand Champion 2024 dalam kategori Brand Management dengan predikat "Very Good" dari Majalah SWA. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya dan dedikasi PLN Enjiniring dalam meningkatkan originalitas brand perusahaan, yang berfungsi sebagai pengelola engineering di PLN Group.

Sebagai satu-satunya entitas enjiniring di PLN Group, PLN Enjiniring berkomitmen pada lima cluster bisnis utama ketenagalistrikan, yang meliputi Engineering Center, dimana PLN Enjiniring sebagai entitas enjiniring tunggal di dalam PLN yang dapat mengelola dan menginventarisi data ketenagalistrikan dan enjiniring; Design & Innovative Technology yang memberikan terobosan desain dan inovasi di bidang ketenagalistrikan; Engineering Integrator sebagai entitas enjiniring memberi nilai tambah dengan menjalankan dan mengelola fungsi integrator EPC; Utility Optimization dengan melakukan optimasi di dalam unit kerja PLN dalam bidang pembangkitan, transmisi, GI dan Distribusi; dan Business Consultancy, dimana PLN Enjiniring melakukan Business Consultancy di seluruh ekosistem Enjiniring ketenegalistrikan.

"Komitmen kami untuk mempertahankan integritas dan kualitas brand juga tercermin melalui inisiatif Guardian Spending, yang melindungi investasi pelanggan dengan menghadirkan produk-produk strategis seperti Kajian Kelayakan Proyek dan Outline Business Case serta Feasibility Study yang bankable untuk implementasi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) merupakan bagian dari upaya tersebut", ungkap Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah.

Chairani menambahkan bahwa untuk meningkatkan brand awareness, PLN Enjiniring aktif dalam kegiatan promosi dan publikasi melalui seminar, pameran, serta Customer Day yang dirancang untuk mempererat hubungan dengan pelanggan. Selain itu, perusahaan menyediakan Key Account Executive guna meningkatkan kualitas layanan. Komitmen PLN Enjiniring terhadap inovasi dan transformasi digital juga terbukti dengan pengembangan aplikasi manajemen aset transmisi (TrAMA) dan pembentukan Power System Digital Center (PSDC). Sistem Continuous Emission Monitoring System (CEMS) juga diterapkan untuk memonitor dan menganalisis data emisi untuk mendukung komitmen perusahaan terhadap lingkungan.

Pencapaian signifikan lainnya pada tahun 2023 mencakup peningkatan pendapatan perusahaan yang signifikan menjadi Rp 867,84 miliar yang meningkat 61,82% dari tahun sebelumnya, serta peningkatan Net Profit Margin (NPM) sebesar 28,63%. Hasil survei kepuasan pelanggan mencapai 99,35% juga menunjukkan efektivitas dan kepuasan terhadap layanan yang ditawarkan.

Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari perjalanan transformasi yang dijalani untuk mencapai keunggulan operasional dan layanan pelanggan yang tidak ada duanya. Penghargaan Indonesia Original Brand Champion 2024 ini adalah validasi dari dedikasi dan inovasi PLN Enjiniring untuk menerangi masa depan Indonesia dengan solusi ketenagalistrikan yang inovatif dan berkelanjutan.

Terkini