SDG’s PLN IP dan Perjuangan Melawan Karhutla: Bantuan dan Dukungan untuk Wilayah Terdampak

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 05:16:46 WIB

JAKARTA— PLN Indonesia Power menggerakkan sumber daya dan peralatan penanggulangan bencana untuk mengatasi KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan) di tiga wilayah Indonesia: Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Jawa Barat.

Upaya ini mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK, Sigit Reliantoro, yang menganggapnya sebagai langkah luar biasa dalam menghadapi bencana.

Agung Siswanto, Sekretaris Perusahaan PLN Indonesia Power, menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan ekspresi nyata dari komitmen korporasi untuk peduli terhadap masyarakat dan menjaga keanekaragaman hayati di Tanah Air, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Bantuan PLN Indonesia Power terfokus pada wilayah kota Palembang dan Kabupaten OKI di Sumatera Selatan, yang terdampak Karhutla. Di sana, PLN Indonesia Power melalui tiga unitnya, yaitu UPDK Keramasan, PLTU Suralaya, dan PLTU Lontar, memberikan bantuan berupa Centrifugal Pump dan Fire Pump Set.

Di wilayah lain, khususnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, PLN IP Kamojang POMU, bersama dengan pihak-pihak terkait, penggiat lingkungan, dan pecinta alam, berkolaborasi untuk membantu memadamkan Karhutla di area seluas 150 hektar, terutama di sekitar kawasan Tegal Alun Gunung Papandayan yang telah terbakar. PLN IP Kamojang POMU juga memberikan bantuan berupa peralatan pemadam api konvensional dan logistik.

Di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Bengkayang, PLN IP, melalui UPK Singkawang, menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 3 ton dan mengatur personil dengan peralatan lengkap yang bekerja dalam tiga shift, yaitu pagi, siang, dan malam. Sumber air untuk pemadaman diambil dari kolam penampungan PLTU Bengkayang di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Terkini