Mendukung Konservasi Alam, PLN Indonesia Power Lakukan Pelepasliaran Satwa Terancam Punah

Rabu, 22 November 2023 | 10:14:36 WIB

JAKARTA - PLN Indonesia Power PLTP Lahendong bersinergi dengan BKSDA Sulawesi Utara, DLH Provinsi Sulawesi Utara, dan pihak terkait untuk melaksanakan kegiatan pelepasliaran tukik penyu hijau dan penyu belimbing di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih.

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif perusahaan untuk mendukung keberlanjutan alam dan lingkungan, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat dalam konteks berkelanjutan. Sebanyak 45 ekor penyu hijau (Chelonia mydas) dan 35 ekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dilepasliarkan dalam acara tersebut.

Penyu Hijau (Chelonia Mydas) adalah spesies yang dilindungi secara hukum dan terdaftar dalam IUCN Red List dengan status Terancam (Endangered). Kawasan pesisir pantai TWA Batuputih menjadi salah satu lokasi penting bagi Penyu Hijau untuk bertelur, suatu aspek yang sering kali tidak diketahui oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat fungsi kawasan pengawetan satwa melalui konservasi Penyu Hijau, sekaligus menegaskan komitmen PLN Indonesia Power Kamojang POMU unit PLTP Lahendong sebagai pembangkit listrik berbasis energi hijau dalam pelestarian satwa yang dilindungi.

Program Konservasi Penyu Hijau di TWA Batuputih, yang melibatkan kerjasama dengan BKSDA Sulawesi Utara dan kelompok masyarakat setempat, diharapkan dapat menciptakan peluang destinasi wisata baru yang memanfaatkan keberadaan satwa dilindungi. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesadaran masyarakat sekitar untuk turut serta menjaga dan melestarikan Penyu Hijau.

Terkini